Friday, September 12, 2008

4 Hal Untuk Memperbaharui Hidup

Saudaraku....
Janganlah merasa sendiri ketika berada didunia ini. Dan janganlah berfikir feragmatis dalam kehidupan ini karena pada dasarnya ketika ALLAH SWT menciptakan dunia ini pun bukan terjadi dengan sendirinya namun penuh dengan perencanaan bahkan bertahap-tahap.

Oleh karena itu janganlah berbuat dengan tanpa perencanaan mulailah dari sekarang. misalnya perencanaan harian, pekanan, bulanan tahunan bahkan bila perlu perlima tahun jika ini telah mejadikan kegiatan yang luas.

Saudaraku...
untuk menunjang hal itu ada 4 hal yang harus diperhatikan:

SATU: BERDO'ALAH
Berdo'a? ya berdo'a karena ujung tombak dari keberhasilan adalah do'a. inilah hal yang paling pertama dilakukan ketika rencana itu telah terbuat. Gunanya adalah untuk menguatkan hati, memohon bimbingan dari Sang Kholik yang menetahui segala macam urusan yang akan terjadi dikemudian hari.

Sedikit Petunjuk untuk berdo'a
  • Yakinlah sepenuh hati bahwa doa pasti akan dikabulkan oleh Allah
  • Bersabar dalam berdoa sampai tak terbatas
  • Jangan berburuk sangka terhadap Allah, misalnya mengatakan "ah percuma berdoa juga dikabulannya mah enggak"
  • Mintalah permintaan secara detail, artinya permintaanya harus jelas jangan mengambang misalnya; jika ingin minta kaya jangan mengatakan; "Ya Allah jadikanlah aku orang kaya" (pernyataanya memang sudah bagus namun disini masih ngambang) mestinya; "ya Allah jadikanlah aku kaya harta benda)
  • jangan lupa puji Allah dan berselawat kepada Nabi Muhammad SAW
  • jangan lupa juga doakan orang-orang yang lainnya minimal yang paling dekat dengan kita.

DUA: BELAJARLAH DAN BEKERJALAH
Saudaraku...
Pepatah mengatakan "JANGANLAH PERANG SEBELUM MENGERTI MEDAN"
pepatah ini sungguh mengajarkan kita sebelum kita melaksanakan rencana maka, pelajarilah seluk-beluk dari rencana kita itu apa saja perlangkapan yang harus ada, siapa yang dapat diajak kerjasama, darimana modalnya, seberapa besar keuntungannya dll.
Makna belajar disini tak berhenti hanya sebatas perencanaan yang dibuat namun harus dilakukan sampai umur menjelang.

Sungguh menyenangkan dalam belajar itu. Orang-orang sukses selalu keranjingan atau ketagihan dalam belajar bahkan sampai lupa makan dan tidur mengapa? karena begitu besar manfaat belajar.

saudaraku...
"BEKERJALAH SEAKAN KAU HIDUP SERIBU TAHUN"
sungguh bekerja itu adalah berkah, janganlah mengatakan apa-apa yang kamu tidak kerjakan amat besar murka tuhan bila mengatakan apa yang tak pernah dikerjakan"

kadangkalah kita selalu menduga sesuatu pekerjaan dengan perasaan, maka buanglah jauh-jauh perasaan itu dan ikuti dengan perbuatan maka akan ditemukan betapa perasaan itu berbalik sertus delapan puluh derajat dari apa-apa yang di duga dalam perasaan. seperti dalam negosiasi apabila persiapannya sudah matang janganlah menduga apa yang belum terjadi nanti artinya jangan pernah menduga kejadian yang belum terjadi, misalnya perasaan akan ditolak, dicuekin, bahkan diusir... mengapa harus dibuang jauh-jauh... jika tidak maka perencanaan itu hanyalah menjadi angan-angan belaka. peraktisnya kerjakan jangan banyak fikir.

TIGA: MENDAPATKAN HASIL
Ini dia yang paling mendebarkan adalah hasil yang di dapatkan, jika hasil yang didapat baik bersyukurlah, jika buruk istigfarlah(mohon ampun) dan bersabarlah serta evaluasi,
semakin mendapat rintangan semakin mantap dalam berbuat dan progresnya adalah bukan hanya keuntungan secara materi namun keuntungan secara emosional dan spiritual.

Orang yang mampu mengendalikan kehidupan ketika beruntung malah bersyukur dan ia tidak foya-foya. itulah sebija-bijaknya manusia. karena hasil yang didapat bukan berasal darinya melinkan ada yang mengaturnya. namun celakalah orang yang ketika mendapat keuntungan ia berfoya-foya dan membusungkan dada maka ia tidak akan mampu ketika mendapat keburukan atau kerugian. itulah sebatil-batilnya manusia.

EMPAT: TAWAKAL
Saudaraku...
sering diantara kita tawakal itu berada pada nomor nol artinya belum berencana sudah tawakal. hal semacam ini tawakalnya orang bodoh dan dzolim, (misalnya dengan mengatakan;"ah aku sih lilahi taalah ajadeh...) padahal belum pernah melakukan apa-apa.

saudaraku...
tawakal itu terjadi apabila 3 perlakuan diatas telah dikerjakan.
sifat tawakal bagi seorang pekerja keras akan melepaskan lelah bagi mereka tedak ada rasa takut rugi, atau hasilnya jelek(buruk), bahkan mereka tidak bersedih hati. kenapa demikian? ya karena kegagalan itu hanya mata rantai mendapatkan keuntungan. kegagalan itu dimata manusia namun dimata Allah itu sebuah karunia dan merupak sebuah ujian untuk mendapat syurga yang seluas langit dan bumi.

wawllahu a'lam

No comments: